Selasa, 01 Januari 2013

Catatan 2012

Haaahhh... Tidak terasa ya tahun 2012 akan pergi meninggalkan kita. Bukan tahun 2012 yang akan meniggalkan kita, tapi kitalah yang akan pergi meninggalkan tahun 2012. Kita ngga akan selamanya berada di tahun 2012, maka dari itu kita harus move on. Jadi orang yang lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan bergantinya tahun itu berarti mimpi kita semakin dekat untuk diraih. Yang pasti kita harus punya tekad dan semangat untuk meraihnya. Aku yakin dengan adanya itu mimpi kita tidak akan lari kemana-mana.

Di tahun 2012 ini hidupku penuh warna, ada kebahagiaan, tangisan, tantangan, dll. Aku merasakan kebahagian ketika aku bersama sahabat-sahabatku di sebuah penjara suci dan itu baru aku rasakan di akhir 2011 dan di awal 2012. Namun, kita juga tidak pernah lepas dari sebuah masalah dalam persahabatan. Kadang kala kita ada perpedaan pendapat yang membuat kita saling jengkel satu sama lain dan terkadang juga meninggalkan sebuah tangisan. Di tahun ini juga aku merasa mendapat kado yang paling istimewa di ulang tahunku yang ke 18 bulan April lalu. Baru kali ini sahabat-sahabatku memperingatinya, ya meskipun dengan cara yang sedikit membuatku jengkel. Tapi aku tahu, maksud mereka baik. Mereka cuma ingin membuat sebuah kenangan yang tidak bisa aku lupakan dan mereka sangat berhasil. Terimakasih buat Ulvi, Arin, Dek Lela, Dek Warda, Dek Winda, Dek Vaiz, sama Dek Sila. Kalian memang the best kalau suruh buat acara beginian. Love you, big hug :*

Aku juga mendapatkan banyak tantangan di tahun 2012 ini. Aku harus mempersiapkan diri dengan mati-matian untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Setiap hari aku harus bangun pagi dan melawan dinginnya air di bak mandi yang bisa membuat tubuhku membeku. Terkadang aku juga harus merasa jengkel ketika teman-teman selain kelas 12 ikut mandi pas masih subuh. Itu bisa membuat kamar mandi menjadi penuh dan membuang-buang waktu karena antre. Tidak heran jika terkadang aku telat masuk bimbel pagi di sekolah. Dan itu berjalan dari awal kelas 3 sampai UN hampir tiba.   Awalnya aku banyak mengeluh dengan semua ini, tapi ini demi masa depanku dan aku harus kuat menjalaninya. 

Semester 2 Guru BK ku menyampaikan pengumuman tentang SNMPTN undangan. Aku sangat bergegas untuk mengikutinya. Segala persyaratan yang diminta berusaha aku penuhi meskipun dengan susah payah dan sangat menguras dompetku. Saat pengisian nama Perguruan Tinggi, aku sangat bingung. Karena PTN yang aku impikan selama ini telah memblacklist sekolahku selama 5 tahun, artinya siswa-siswi di sekolahku tidak bisa mendaftarkan diri melalui SNMPTN undangan. Dengan pertimbangan yang cukup matang, akhirnya aku memilih PTN yang ada di Surabaya dan Jember, yaitu Universitas Airlangga dan Universitas Jember. Karena itu adalah PTN yang paling dekat dengan kotaku. Namun keputusanku tidaklah mulus begitu saja. Orang tuaku tidak mengizinkan aku untuk memilih PTN yang ada di Surabaya. Alasannya sangat simpel, takut kejauhan dan takut kalau aku tidak kerasan di Surabaya. Akhirnya dengan tanpa restu orang tua aku tetap memilih Universitas Airlangga sebagai pilihan pertamaku. Meskipun setelah itu aku langsung dimarahi, tetapi aku yakin suatu saat pasti orang tuaku akan senang dan bangga kalau aku lolos.

Aku punya mimpi di tahun 2012, mimpiku tidak terlalu tinggi-tinggi. Aku cuma ingin lulus UN dan masuk di PTN pilihan pertama. Alhamdulillah Allah mengabulkan mimpiku. Aku lulus UN dengan nilai tertinggi di SMA ku dan lolos SNMPTN undangan di Universitas Airlangga. Aku sangat bersyukur karena tahun ini adalah tahun yang penuh bahagia. Aku merayakan kelulusanku dengan berwisata religi. Dan Alhamdulillah salah satu tempat yang kita tuju adalah kota yang aku impikan dari dulu, yaitu Jogja. Di hitung mulai kota Surabaya, Gresik, Lamongan, Demak, Jogja, dan Terakhir di Jawa Tengah.
hasil pengumuman SNMPTN undangan



ini pas di Candi Borobudur

ini pas di Candi Prambanan

Juni 2012, my first advanture with my friends. Baru kali ini aku merasakan yang namanya berpetualang. Libur kelulusan yang cukup lama membuatku sangat jenuh berada di rumah. Mbak Piani, kakak kelasku, mengajak aku, Isna, sama Mbak Farid main ke rumahnya yang berada di Taman Nasional Meru Betiri. Aku lupa nama kecamatannya apa. Yang jelas di sana sangat jauh dari keramaian kota. Jalannya pun sangat menyiksa badan. Tapi aku akui, Teluk Ijo adalah tempat yang paling keren yang pernah aku temui. Rasa cape saat perjalanan cukup terbayar dengan indahnya pemandangan di sana. Karena lokasi ini sangat jauh dari rumah dan memakan waktu 3jam perjalanan, aku dkk menginap di rumah mbak Piani selama 3 hari. Dan yang membuat aku sangat jengkel adalah di sana sangat miskin sinyal, kalau mau nemuin sinyal harus ke pantai. But, never mind. It's the wonderful holiday.
pintu masuk TN Meru Betiri

jalan setapak menuju Teluk Ijo

berenang 

Awal bulan September 2012 aku punya teman baru, lingkungan baru, suasana belajar baru, dan yang pasti kampus baru. Aku sangat bersyukur masuk jurusan Sistem Informasi. Di sana aku punya banyak teman yang sangat beragam spesies. Ada yang asli Jawa, Madura, Bali, Batak, Kalimantan, juga Papua. Rasanya seperti punya keluarga se-Indonesia kalau udah kumpul bersama anak-anak Sistem Informasi. Aku merasa sangat nyaman dan bahagia saat kumpul bersama mereka. Jujur, aku lebih senang kalau masuk kuliah daripada libur. Aku lebih betah di kampus berlama-lama sama teman-teman daripada berada di kost sendirian. Namun hidupku tidak selalu merasa bahagia berada di Surabaya. Aku menjadi anak pendiam seakan-akan tidak ada kebahagiaan yang terlihat diwajahku. Aku kurang bisa beradaptasi sama teman satu kost. Mungkin karena perbedaan usia yang jauh.

Desember 2012, aku mau nulis tentang apa ya? Banyak sih. Bulan Desember ini aku sangat boros, pengeluaranku cukup banyak dan membuat konsumsiku di akhir bulan sangat miris. Di akhir tahun 2012 ini pertama kalinya aku nonton bersama teman-teman Sistem Informasi. Ada Emil, Alif, sama Rizqi. Malam tahun baru ini aku habiskan di kost Isna untuk mencari hiburan. Tidak mungkin kan aku sendirian di kostku yang penuh dengan penderitaan?? Oke, kembang apin barusan sangat bagus, amzing, wonderful, sudah tidak bisa diungkapin dengan kata-kata. Yah meskipun aku nonton dari loteng tidak apa-apa lah, yang penting hati bisa terhibur.
GOOD BYE 2012
WELCOME 2013
BE MY YEAR,
MORE HAPPINESS,
AND ALWAYS IN PEACE

1 komentar:

  1. Mbk mau tanya. Saya diah dari lamongan sekarang kls 12. Mbk nya dulu daftar SI di UA ada sertifikat atau piagam yang diajukan kah??

    BalasHapus