Aaaa... Pemrogramaaannnn

/
0 Comments
Hari ini aku pengen cerita tentang kuliahku. Iya kuliah, bukan sekolah. Aku sering bertanya-tanya, "Ya Allah apakah hamba salah masuk jurusan?". Ngga, aku ngga boleh berpikir kayak gitu. Sistem Informasi kan pilihan pertamaku. Allah mengabulkan do'aku, aku harus yakin kalau Allah udah membarikan yang terbaik untukku. Jadi kenapa aku sampe berpikir kalau aku salah masuk jurusan? Mau tau? Mau tau aja apa mau tau banget?

Gini ceritanya, awalnya sih asik banget pas awal kuliah. Ya yang seperti aku ceritain minggu lalu. Minggu2 pertama sih asik benget, kecuali mata kuliah kalkulus. Busyeettt... temen2ku tu cepet banget nyantolnya. Waktu itu kan sama dosen kalkulus suruh ngerjain soal ke depan. Gila'!! aku masih ngitung di belakang temen2ku udah pada maju duluan, kalah start deh. Dari situ aku baru sadar, ternyata pendidikan SMAku sama SMA mereka udah beda, sangat jauh malah. Minggu berikutnya pas hari rabu ada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman (Alpro). Awalnya dosen ngenalin dulu sama bahasa pemrograman. Apaan tuh?? beneran waktu itu kepalaku di kelilingin sama banyak tanda tanya. Tapi banyak dari temenku yang udah nyambung gitu. Mereka bisa nyebutin apa aja bahasa pemrograman. Nah aku?? krik krik krik. Oo.. jadi gini ya? Sistem Informasi tu emang prodi yang butuh logika sangat kuat. Nah aku pas jaman SMA kan ngga ada pelajaran kayak gitu. Tapi temen2ku tu lumayan banyak yang udah dapet pelajaran itu di SMA. Sebenernya bukan itu juga sih faktornya, aku anaknya emang susah kalau main logika, aku tu lebih suka kalau langsung praktek. Aku juga males banget sama yang namanya mikir.

Minggu ke 2 kita2 langsung dikasih tugas Alpro sama pak Kartono, suruh ngitung konversi suhu. Beneran aku ngga bisa apa2. Untung ada temenku yang baik hati yang mau ngerjain tugas pake laptopku, soalnya dia belum punya laptop. hehehe... Oke, tugas pertama sukses. Meskipun aku copy paste tapi aku juga berusaha untuk memahami apa yang udah dikerjain sama temenku. Dan alhamdulilah aku bisa faham. Minggu depannya lagi dikasih tugas Alpro. What?? Makin lama kok makin susah ya tugasnya, itu bagi mahasiswa kayak aku dan temen2ku yang juga logikanya lemah. Tapi beneran loh di kelasku tu yang logikanya main banyak banget. Apalagi si Jessica. Waahh... tu anak otaknnya terbuat dari apa ya? Dia tu jago banget sama mata kuliah yang berbau logika. Ya kayak kalkulus sama Alpro. Dia itu baik banget. Meskipun dia bisa ngerjain soal2nya pak Kartono, tapi dia tu ngga mau maju. Padahal pak Kartono udah janji bakal kasih nilai plus sama mahasiswa yang aktif maju ke depan. Yang maju anaknya ya cuma itu itu aja, sampe bosen.

Ya Allaaahhh.. Apa apaan ini?? Setiap mata kuliah Alpro tu kepalaku rasanya sakiiitttt banget. Rasanya tu kayak ditusuk pake kulit duren. Bisa ngebayangin kan sakitnya?? Makanya aku tu paling ngga suka kalo suruh mikir yang susah2. Gini kan jadinya. Akhir2 ini kan pak Kortono suruh kita tu aktif maju ke depan. Yang berhasil jawab soalnya bakalan dibebas UTS. Enak kan??  Beneran!! Kepalaku tu sampe sakit mikir jawaban dari soal2nya Pak Kartono, tapi tetep aja ngga bisa. Soalnya tu gini, "kita input bilangan, pas di enter mucul faktor2nya". Kalo itu sih udah bisa, tapi tiba2 soalnya ditambahin sama beliau jadi gini "system.out.printnya cuma munculin faktor bilangan prima". Udah berbagai rumus udah aku masukin dan hasilnya tetep nihil. Trengtenteeenggg... Tiba2 si Karini angkat tangan. Bukan maksud dia nyerah, tapi dia udah bisa ngerjain. Waaa.. Keren tu anak dia udah dapet nilai A + bebas UTS. Asik kan?? Sebenernya kalo dikerjain manual tu gampang banget, tinggal tulis faktor2nya terus dilingkarin bilangan primanya. Gampang kan??tapi ini tu beda, kita ngerjainnya pake aplikasi bahasa pemrograman, Net Beans.

Pesanku sih untuk adik2 yang pengen masuk jurusan TI dipikir2 lagi ya. Kalau logika kalian emang kuat ya ngga usah mikir panjang, kalau yang masih lemah kayak aku mending mulai sekarang udah disiapin secara matang2 materi bahsa pemrograman. Temen2 bisa browsing di google kok, di situ banyak banget web yang nyediain materi bahasa pemrograman. Ini aku ada contoh soal2 bahasa pemrograman Java dengan aplikasi Net Beans dari tugas2ku kemarin. Selamat belajar ^,^


You may also like

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

It's Me

Foto Saya
Fitriana Dzulfaidah
Saya adalah mahasiswa Universitas Airlangga '12 jurusan Sistem Informasi. Saya termasuk orang yang fleksibel. Kalau teman saya pendiam, saya juga bisa jadi pendiam. Tetapi kalau teman saya ramai, saya juga bisa ramai. Namun pada dasarnya saya orang yang suka lelucon dan ketawa.
Lihat profil lengkapku

Followers

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Lucky Charms Rainbow

Search This Blog

Memuat...

My Note


Gitagut

Pin

Cuteki cute

Popular Posts

Pages

Popular Posts